Kamis, 24 Januari 2008

Selasa, 22 Mei 2007 07:56
Rusunawa di Padang Mulai Dibangun
Kapanlagi.com - Menteri Negara Perumahan Rakyat, M Yusuf Ashari, meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Rumah Susun Sewa Mahasiswa (Rusunawa), Kampus Unand, di Padang, Senin.
Pemancangan Rusunawa Unand itu, juga dilakukan serentak oleh
Universitas di Kab Gresik, Kab. Jambi, Tadulako (Palu), PT Yayasan Atirah (Makassar), dan Jatim.
Menurut Menteri, peran asrama sangat besar, dan Universitas luar negeri terkenal mempunyai asrama mahasiswa, satu sarana efektif mendorong peningkatan kualitas mahasiswa dalam menimba ilmu.
"Tinggal di asrama berada di lingkungan kampus yang bersih dari polusi udara, lebih sehat dan efektif karena mahasiswa dapat menghemat waktu ke kampus," katanya.
Mahasiswa terhindar dari polusi udara, diharapkan mereka akan memiliki kesehatan dan jasmani lebih bagus.
Pembangunan Rusunawa, kata Menteri dapat diajukan oleh perguruan tinggi swasta dan negeri tiap tahun disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.
"Pemerintah membantu Rp9 miliar dalam APBN untuk satu unit Rusunawa. tahun 2007 baru dibangun 19 unit, direncanakan tahun 2008 akan dibangun sebanyak 31 unit lagi," katanya.
Rektor Unand Musliar Kasim mengatakan, Unand tiap tahun menerima mahasiswa baru sedikitnya 3.500 orang, dan idealnya Unand membutuhkan 10 unit Rusunawa lagi.
Unand tahun 2007 membangun Rusunawa baru yang ke-empat. Artinya ada enam unit lagi, direncanakan mulai dibangun tahun 2008.
"Kita berharap pemerintah dapat membantu dua unit Rusunawa, guna mendorong minat orang tua lebih merasa nyaman mengirim putra-putrinya menuntut ilmu di Unand," katanya. (*/rsd)

Tidak ada komentar: